Pasar Murah, Gubernur Sebut Deflasi Sulsel karena Kelancaran Direct Expor

8 Juni 2017 0:13
Pasar Murah “Peduli Rakyat” dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Rabu, (7/6/17). (Ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengapresiasi keterlibatan semua pihak dalam menekan laju inflasi yang kerap menanjak tinggi setiap menjelang Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, dengan ikut terlibat dalam Pasar Murah “Peduli Rakyat” yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Rabu, (7/6/17).

Dalam sambutannya Syahrul mengatakan, pihaknya sangat bersyukur tahun ini Sulsel tidak mengalami inflasi melainkan deflasi sebesar 0,245.

“Ini aneh tapi sekaligus membuat saya gembira karena biasanya menjelang Ramadan dan Idul Fitri selalu inflasi. Tapi tahun ini Sulsel malah deflasi 0,245,” kata Gubernur Sulsel.

Orang nomor satu di wilayah ini menuturkan, salah satu penyebab tidak adanya inflasi melainkan terjadi deflasi di wilayah ini adalah karena kelancaran produk impor yang saat ini sudah bisa langsung masuk ke Makassar tanpa harus melalui Jakarta atau Surabaya.

Selain tentunya lanjut Syahrul, akibat kelancaran ekspor yang keluar melalui pintu Pelabuhan Makassar langsung ke luar negeri (direct export), yang telah diupayakan PT Pelindo IV atas prakarsa Dirut Pelindo IV, Doso Agung.

“Saya minta hal ini dipertahankan. Apalagi pertumbuhan ekonomi Sulsel melaju di angka 7,41% pada 2016 lalu. Salah satu penyebabnya adalah kelancaran direct export, sehingga seluruh kebutuhan masyarakat di wilayah ini terpenuhi dengan baik,” tambahnya.

Gubernur juga meminta agar tingkat ekonomi Sulsel bisa dikendalikan.

“Karena kalau deflasi terlalu dalam juga tidak baik, sebab para pedagang dan petani tidak begitu mendapatkan keuntungan. Hal itu juga diperlukan untuk menggairahkan perekonomian wilayah ini,” tambah Syahrul.

Adapun, pembukaan Pasar Murah “Peduli Rakyat” yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulawesi Selatan melalui Dinas Perdagangan bekerjasama dengan TNI, Celebes BUMN Club (CBC), FORKOM IJK, Hiswana Migas, BMPD serta didukung retail dan distributor, dihadiri Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Ketua DPRD Sulsel, HM Roem, Pangdam XIV Sultan Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Yusup, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, Dirut PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung, seluruh pimpinan BUMN lainnya, pimpinan Perbankan Sulsel, pimpinan BUMD dan instansi terkait lainnya.(**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments