Daftar JKN-KIS Bisa Lewat Telepon

15 Mei 2017 14:15
Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makassar mensosialisasikan mekanisme pendaffatarn JKN-KIS. (ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makassar kini memberi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran, Andayani Budi Lestari menjelaskan, bahwa untuk mendaftar JKN-KIS kini tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS.

Kata Andayani, bagi calon peserta yang belum mendaftarkan diri, BPJS Kesehatan akan memudahkan masyarakat untuk mendaftar hanya via BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Sehingga calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi no tersebut calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), bisa melakukan pendaftaran via Care Center atau Virtual Service.

” Namanya Virtual Service dan Kanal Pendaftaran. Jadi kita perluas jalur bagi calon peserta yang belum mendaftarkan diri. Ini adalah bentuk untuk memudahkan masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS,”jelas Andayani, Senin(15/5/2017).

Selain itu, peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu Fokus Utama BPJS Kesehatan di tahun 2017.

Andayani menjelaskan lebih lanjut, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 15004 400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor handphone, Alamat Domisili/Tempat Tinggal (Untuk Pengiriman Kartu) dan Alamat Email. Setelah syarat di atas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Program tersebut kata dia, merupakan program nasional yang harus disosialisasikan dan di bulan Juni 2017 program tersebut harus diberlakukan secara merata di seluruh Indonesia.(**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments