KPPU Awasi Lonjakan Harga Sembako di Bulan Ramadhan

6 April 2017 17:07
Ketua KPPU RI, Syarkawi Rauf. (Arif/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Untuk mengantisipasi lonjakan harga di Bulan Ramadhan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanahan dan KPPU telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk bahan sembako selama bulan Ramadhan.

Harga eceran tertinggi (HET) untuk gula ditetapkan Rp 12.000/kilo. Begitupun harga minyak goreng ditetapkan dengan harga Rp 11.000/ liter.

“Bahan sembako seperti gula untuk semua merk sampai ke konsumen (end user) harga paling tinggi Rp12.000. Untuk harga minyak goreng kita sudah tetapkan bersama-sama HET Rp 11.000,” kata Ketua KPPU RI, Syarkawi Rauf kepada INIKATA.com, Kamis (06/04/2017).

Sedangkan, untuk daging sapi pada kualitas tertentu, ditetapkan HET Rp 80.000 sampai ke konsumen.

Bagi Syarkawi, untuk menegakkan kebijakan yang telah disepakati bersama, pihaknya akan melakukan pengawalan menekan kelonjakan harga selama Bulan Ramadhan.

“Maka dari itu kami (KPPU) akan mengawal kebijakan ini. Kalau ada yang coba-coba menaikkan harga melebihi harga yang sudah disepekati itu kami akan melakukan penegakan hukum,”tegas Syarkawi.

Menurutnya, yang berwenang berkah mencabut izin pelaku usaha bandel yang mencoba menaikkan harga ketiga sembako tersebut. Maka, KPPU akan memberikan rekomendasi pencabutan izin ke Kemendag kepada pelaku usaha tersebut.(***)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments