Bahtiar Baso: Banyak UKM Tidak Miliki Bisnis Plan

23 Maret 2017 18:36
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan pelatihan pengembangan jiwa kewirausahaan pemuda Desa maupun Pemula yang dihadiri langsung Ketua Asosiasi IUMKM Akumandiri, Bahtiar Baso sebagai pembicara.

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan pelatihan pengembangan jiwa kewirausahaan pemuda Desa maupun Pemula yang dihadiri langsung Ketua Asosiasi IUMKM Akumandiri, Bahtiar Baso sebagai pembicara.

basoKegiatan tersebut berlangsung di Aerotel Smile Hotel Makassar, Jalan Muchtar Lutfi, Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (23/3/2017).

Alumni Fakultas Teknik ini menjelaskan, bahwa saat ini banyak pelaku UKM di Sulsel tidak memiliki Bisnisplan yang tertulis sebagai alat kontrol untuk dapat mengetahui pencapaian target secara periodik.

Baca Juga: Industri Mamin Diyakini Tumbuh Signifikan

“Sumber Daya pelaku UKM harus terus dikembangkan khususnya berhubungan dengan kemampuan,” kata Bahtiar.

Ia berharap, para pelaku usaha mampu mendokumentasikan perjalanan usaha baik melalui dokumen visual maupun dokumen tertulis.

“Sehingga para pelaku Ukm punya alat kontrol dalam menjalankan roda usahanya. Agar semua terukur dan terarah,” jelas Tiar sapaan Bahtiar Baso.

Baca Juga: OJK dan Satgas Ungkap Dua Kasus Investasi Ilegal dan Satu Penipuan Pelunasan Kredit

Kegiatan pelatihan ini juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya yang berasal dari Praktisi, Akademisi dan lainnya. Dalam kegiatan itu juga bagi seluruh peserta dapat meningkatkan daya saing para pelaku Ukm di Sulawesi Selatan sehingga dapat terus berkembang.(**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments