KPPU Sosialisasi Perjanjian Pengawasan Pola UMKM

20 Februari 2017 12:11
PPU Sosialisasi Perjanjian Pengawasan Pola UMKM di Aula Gedung Keuangan Negara II lantai 6 Makassar, Senin (20/2/2017). (Arif/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi Pengawasan Perlindungan Persaingan Usaha (KPPU) RI melakukan sosialisasi Perjanjian Pengawasan Pola Kemitraan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) demi menciptakan UMKM yang efektif dalam bermitra dengan pelaku usaha menengah maupun besar.

Hal itu diungkapkan Ketua KPPU RI, Syarkawi Rauf disela-sela sambutannya dalam sosialisasi yang mengangkat tema “Pengawasan Perjanjian Kemitraan Sehat untuk UMKM yang Kuat dan Berdayasaing Tinggi” di Aula Gedung Keuangan Negara II lantai 6 Makassar, Senin (20/2/2017).

Menurutnya, KPPU dalam menjalin kemitraan dengan Kementrian Koperasi menginginkan UMKM diberikan perlindungan hukum dalam menjalin kemitraan kepada pelaku usaha menengah dan besar.

“UMKM saat ini ketika bermitra dengan pelaku usaha besar selalu posisi daya tawar rendah. Karena itu, kedepannya kita inginkan kemitraan UMKM kepada pelaku usaha menengah dan usaha besar bisa efektif,dan adil,” kata Syarkawi.

Dengan demikian, pihaknya tengah menggagas pembentukan Satgas Kemitraan Nasional yang bertugas mengawasi dan memberikan perlindungan hukum kepada UMKM kemitraan pengusaha.

“Dengan adanya satgas ini, jika nanti ada ditemukan pengawasannya terjadi proses eksploitasi dan ketidaksetaraan antara UMKM dengan yang menengah maupun besar, maka KPPU melakukan penegakkan hukum,” ujarnya.(**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments