Kunjungan Wisman ke Sulsel Meroket

7 Desember 2016 17:38

MAKASSAR,INIKATA.com – Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan (Sulsel) pada bulan Oktober naik 71,70 persen dibandingkan yang masuk di bulan September.

Ada lima negara yang menjadi penyumbang wisatawan terbesar ke Sulsel yaitu Tiongkok, Malaysia, Singapura, Amerika dan Jerman.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Devo Khaddafi, mengatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mengeluarkan hasil statistik terkait dengan sektor pariwisata untuk bulan Oktober 2016.

Berdasarkan data BPS, terlihat adanya kenaikan yang signifikan untuk data kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulsel yaitu sebesar 71,70 persen dibandingkan dengan wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel bulan September.

“Ada lima negara yang menyumbangkan wisatawan terbesar ke Sulsel yaitu Tiongkok, Malaysia, Singapura, Amerika dan Jerman,” kata Devo, Selasa (6/12/16)kemarin.

Ia menjelaskan, kelima negara tersebut menyumbang sekitar 74 persen dari keseluruhan wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu Makassar.

Sementara untuk wisatawan nusantara sampai bulan September berjumlah 5,9 juta orang dari target sebesar 8 juta wisatawan.

“Adapun rata-rata lama tinggal para wisatawan antara dua sampai lima hari,” ujarnya.

Menurut Devo, saat ini Disbudpar Sulsel sudah on the track untuk mengejar target kunjungan wisatawan ke Sulsel. Apa yang dicapai sekarang merupakan sinergi dan kebersamaan seluruh pariwisata Sulsel.

” Kekayaan budaya, keanekaragaman adat istiadatkekhasan kuliner Sulsel menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Sulsel,” ujarnya.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja Disbudpar Sulsel yang berhasil meningkatkan kunjungan wisman ke Sulsel.

“Patut diapresiasi. Semoga bisa dipertahankan dan sebisa mungkin ditingkatkan hingga akhir tahun ini,” kata Syahrul.

Dia berharap agar Sulsel menjadi daerah destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Apalagi, dalam waktu dekat segara dilaunching destinasi-destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan agar semakin banyak plesiran ke Sulsel untuk berwisata.

“Come and Explore South Sulawesi. Never Ending Story,” pungkasnya. (***)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments