Sambut Natal dan Tahun Baru, BI Siapkan Rp 6-7 Triliun Uang Kartal

2 Desember 2016 18:38

MAKASSAR, INIKATA.com – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Sulawesi Selatan, menyiapkan uang kartal sebesar Rp 6 – 7 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi natal dan tahun baru.

Hal ini diungkapkan Suzanna G Hamboer, Direktur Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah dalam jumpa pers BI, Jumat (2/12/2016) di Cafe Numerica Jalan Botolempangan.

” Kami menyiapkan strategi dalam menghadapi natal dan tahun baru dengan menyiapkan Rp 6-7 Triliun dari proyeksi kebutuhan Rp3, 51 Triliun, lebih besar dari kebutuhan tahun lalu sebesar Rp2,54 triliun atau meningkat 37, 89,” jelas Suzanna.

Strategi lainnya adalah menyiapkan kas keliling yang melayani penukaran uang lusuh dan sobek yang dimiliki masyarakat dengan uang kartal yang layak edar.

Ini langkah maju mengingat sebelumnya kas penukaran uang layak edar ini hanya standby di kantor perwakilan BI, kali ini akan mendatangi masyarakat seperti di pasar-pasar tradisional di Sulsel dan wilayah cakupannya seperti Maluku, ambon dan Kupang nusa tenggara timur.

” Ini juga untuk memastikan uang kartal layak edar dipergunakan masyarakat kita,” tambah Kepala KPW BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat.

Kas keliling yang disiapkan seperti kas keliling keluar kota sebanyak dua kali seminggu di Kabupaten Luwu Timur (malili dan Sorowako), Kabupaten Wajo dan Sidrap.

Kas keliling ke pasar-pasar seperti ke pasar sentral dan pasar pabaeng-baeng di minggu pertama ini, kemudian pasar terong dan pasar niaga daya minggu kedua. Pasar sentral dan butung di minggu ketiga dan terakhir di minggu keempat kas liling berada di pabaeng-baeng.

” Bahkan BI akan bekerjasama dengan angkatan laut menggunakan kapal perang kita untuk bisa menjangkau pulau-pulau yang selama ini kami tidak jangkau,”ujar Wiwiek. (**)
Penulis: Fakra

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments