Penyaluran Kredit UMKM di Takalar Rp 2 T

10 November 2016 14:14

TAKALAR,INIKATA.com – Biro Bina Perekonomian Setda (BBPS) Sulsel bersama lima industri perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua dan Bank Indonesia (BI) melauncing Gerakan Fasilitas Akses Kredit 3×1000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan pemerintah daerah di Pelabuhan Pelelangan Ikan Beba, Kabupaten Takalar, Kamis (10/11/16).

Lebih dari Rp 2 triliun nilai bantuan kredit siap disalurkan kepada 3000 pelaku UMKM binaan pemerintah daerah. Khusus di sektor perikanan akan disalurkan kepada 727 UMKM dengan nilai kredit sebesar Rp 1,64 T dari Rp 2,18 T total kredit yang disiapkan.

Pasalnya, perikanan dianggap menjadi prioritas karena pangsa pasar pada sektor ini masih sangat rendah, hanya sekitar 2,92%,” Namun setelah mendapat bantuan perbankan diharapkan akan bisa menembus 50,26%,” ujar Kepala OJK Regional 6 Bambang Kiswono.

Bambang Kiswono menambahkan, gerakan fasilitas kredit menjadi salah satu program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sulsel sebagai bukti pihaknya terus melakukan kordinasi demi memfasilitasi UMKM yang belum memperoleh bantuan kredit.

Ia menyebut, ada 2 pola yang digunakan dalam proses pemberian kredit untuk pelaku UMKM. Pertama adalah BBPS menghimpun data para penerima lalu OJK yang kemudian akan mengkordinasikannya ke bank-bank yang memberi kredit.

“Pola kedua kami dari OJK memberi saran dan perbankan yang langsung memfasilitasi,” tambah Bambang.

Diketahui, program ini menjadi bagian dari gerakan 1000 perbaikan G1000G milik Pemprov Sulsel, ini juga menjadi salah bentuk kampanye percepatan akses keuangan di Indonesia sesuai dengan target strategi nasional pemerintah pusat.

“Ini demi mencapai 75% target induksi keuangan yang dicanangkan Pak Jokowi pada awal September 2016,” terang Bambang.

Selain itu, dalam kegiatan yang dihadiri 300 nelayan tersebut turut diserahkan bantuan kepada 5 perwakilan UMKM binaan Pemda. Yaitu 2 unit kapal dan 16 perahu motor nelayan.

Selain Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, kegiatan ini turut dihadiri Sekda Sulsel Abdul Latief, Plt. Bupati Takalar Andi Darmawan Bintang, Ketua Kadin Sulsel Zulkarnain Arif, serta perwakilan dari BI dan 5 bank penyalur kredit.

Penulis: Arga

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments