Dua Tahun Nawacita, Gemasaba Sulsel Gelar Dialog Ekonomi

25 Oktober 2016 21:24

MAKASSAR, INIKATA.com – Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Sulsel menggelar Kuliah Umum Kebangsaan terkait ekonomi makro dan kaitannya dengan implemtasi program Nawa Cita. Selasa (25/10/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Tower DPRD Sulsel tersebut digagas sebagai respon implemetasi Nawa Cita yang kini memasuki tahun kedua pada 2016, dengan menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi dan anggota DPRD Sulsel.

Ketua Gemasaba Sulsel, Ahmad Arfah menyampaikan pentingnya harmonisasi ekonomi daerah dan pusat demi pencapaian laju perekonomian. Sehingga mampu menambah daya dorong perekonomian dalam mendukung ketahanan ekonomi nasional saat ini.

“Hampir dua tahun usia pemerintahan Presiden Jokowi, pemerintah perlu mengakselrasi kebijakan dan mencari formula yang pas untuk mengatasi kelemahan-kelemahan perekonomian nasional. Nawacita sebagai visi harus menjamin kebangkitan ekonomi Indonesia,”katanya dalam Kuliah Umum Kebangsaan

Dialog tersebut mengangkat tema An Outlook of acroeconomic at South Sulawesi: Its Contribution Toward Achievement. Diharapkan dari diskusi ini akan menelorkan rumusan yang dapat menjadi rujukan semua pihak dalam mempersiapkan ketahanan ekonomi dan menghadapi arus persaingan global.

Pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla memperkenalkan ideologi ini bersandar pada ajaran Trisakti. Nawa Cita adalah sembilan prioritas pembangunan lima tahun (2015-2019) yang menjadi bagian dari visi dalam kampanye Pilpres 2014.

Dengan Nawacita, Indonesia diharapkan mampu berubah dan menjadi negara yang berdaulat secara secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, serta berkepribadian dalam kebudayaan, Sembilan prioritas menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

“Pemerintah perlu melakukan harmonisasi berbagai kebijakan, dan memastikan visi, membangun sinergitas pusat-daerah, serta upaya politik agar Nawa Cita benar-benar tercermin dalam pemerintahan Jokowi,” kata Harry Yulianto, Mantan tenaga Ahli Bappenas.

Kegiatan tersebut juga mengadirkan akademisi Helmy Syamsuri, M Fuad Randi, Dyan Fauziah dan anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid dan Anwar Sadat. (**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments