Kadin Sulsel Minta KPPU Usut Pelaku Kartel di Sektor UMKM

25 Oktober 2016 17:59

MAKASSAR, INIKATA.com — Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel Zulkarnaen Arif, meminta kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sulsel untuk menindaki pesatnya perkembangan bisnis yang tak sehat di berbagai daerah.

Menurutnya KPPU selama ini memiliki kewenangan untuk menindak praktik bisnis tak sehat atau kartel. Untuk itu Kadin mendukung penguatan peran KPPU yang dinilai dapat membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) berkembang lebih baik di dalam negeri.

“Sektor UMKM Kita di Sulawesi Selatan mengalami penurunan, Padahal usaha UKM di Sulawesi Selatan sangat banyak, hanya saja mereka tidak berkembamg disebabkan adanya permainan kartel dari para pelaku usaha. Adanya kartel ini saya rasa perlu di benahi dan tugas KPPU Disitu,” Ujarnya, Selasa (25/10/2016).

Kata Zulkarnaen Praktik kartel, dan monopoli yang semakin merajalela membuat UKM di Sulsel sulit tumbuh dan bersaing,” Praktik monopoli dan Kartel ini membuat UKM kita tidak akan tumbuh, bayangkan saja misalnya gula di harga petani hanya Rp 5 ribu kemudian para tengkulak menjual di pasaran sekitar Rp 12 ribu, kalo ini dibiarkan maka pelaku UKM kita akan mati,” pungkasnya.

Sementra itu Ketua KPPU Ramli Simanjuntak mengatakan saat ini KPPU ‎menjadi lembaga yang berfungsi untuk memeriksa berbagai perkara hukum yang terkait dengan persaingan usaha tidak sehat dan monopoli.

” Disektor UMKM Ada 9 bentuk kemitraan yang sudah menjadi pengawasan KPPU, salasatunya kemitraan inti plasma pada pelaku usaha ayam,” ungkapnya. (**)

Penulis: Risman

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments