Menteri Asman Nur Usulkan Pengelolaan BPJS Diserahkan ke Daerah

17 Oktober 2016 21:54

MAKASSAR, INIKATA.com – Lambatnya pengelolaan administrasi yang berada di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  disikapi oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI Asman Abnur. Ia mengatakan,  akan mengkaji untuk menggunakan metode pelayanan lain.

“Kita akan coba kembangkan nanti metode agar tidak lagi dikelola secara terpusat. Mungkin nanti kita limpahkan beberapa wewenang BPJS kepada gubernur. Mungkin seperti SMA yang diserahkan ke provinsi, tapi ini masih saran,”ujar Asman, Senin (17/10/2016).

Ia merasa hal ini bisa dimungkinkan mengingat BPJS yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia akan menyulitkan jika semua perintah harus berasal dari pemerintah pusat. Ada banyak hal-hal yang hanya bisa dimengerti oleh masyarakat lokal, seperti adat atau budaya masing-masing daerah.

“BPJS jangkauannya luas, yang tahu masyarakatnya, situasinya, psikologinya kan Gubernur. Ke depan solusinya kita coba libatkan Bapak Gubernur di BPJS,” tambah Asman.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo telah mengusulkan hal ini cukup lama kepada pemerintah pusat. Bahwa penanganan BPJS sebaiknya dikomandoi oleh pemimpin masing-masing wilayah.

“Sebenarnya itu sih menjadi usul kita bahwa BPJS tidak boleh menjadi aksi yang tersentral lagi hanya di Jakarta atau di Jawa. Pasti penanganan kesehatan sangat berbeda di Jawa dengan Sulawesi maupun Maluku dan Papua. Oleh karena itu kita berharap kordinasi dan pengendalian harus mutlak di gubernur. Agar keluhan-keluhan tidak berlarut-larut sebelum ditindaklanjuti. BPJS disini harus dibawah kordinasi pemerintah daerah,” terang SYL memaparkan.

“Saya mencontohkan kemarin sebelum BPJS, kesehatan gratis kita meski tidak sempurna tapi jauh lebih baik. Rakyat juga menikmati dengan baik. Tapi jadi BPJS, banyak hal yang harus terkendala kiri-kanan. Beliau (KemenPAN-RB) setuju untuk itu dijadikan penyempurnaan-penyempurnaan ke depan,”jelasnya. (**)

Penulis: Arga

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments