PT Kalla Kakao Industri Sasar Pasar Jepang dan Turki

17 Oktober 2016 21:39

MAKASSAR, INIKATA.com — PT Kalla Kakao Industri (KKI) di Kendari yang merupakan perusahaan baru di lingkup Kalla Group tahun ini sudah mulai mengekspor produk hasil olahan cokelat setengah jadi dalam bentuk liquer, butter, cake dan powder.

“Tahun ini kita sudah mengekspor olahan coklat setengah jadi sebesar 12 ton, ke Jerman dan Belanda, ujar Nubani Opier selaku komisaris PT KKI, di Gedung Wisma Kalla, Senin (17/10/16).

Kata dia, potensi pasar kakao olahan akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi global. ” konsumsi coklat di negara asia juga menunjukkan peningkatan, untuk itu dalam waktu dekat ini kami juga akan merambah pasar Jepang dan Turki,” kata Nubani.

Menurut Nubani, potensi kakao Indonesia sangat baik di pasaran Eropa dan Asia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan kakao tiap tahunnya. Sementara produksi kakao turun naik karena dipengaruhi sejumlah faktor alam dan teknis.

“Walaupun Indonesia merupakan negara ketiga terbesar produksi kakao namun kualitasnya masih buruk, hal ini karena para petani belum tau cara pengelolan kakao secara benar. untuk itu kita terus melakukan pendampingan kepada petani, seperti pembibitan kakao. (**)

Penulis: Risman

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments