Menko Perekonomian Prioritaskan Pengembangan Ekonomi Maritim dan Ketahanan Pangan di ASEAN

14 Oktober 2016 17:35

MAKASSAR, INIKATA.com — Menteri Koordinator Bidang PerekonomianDarmin Nasution mengungkapkan ada dua skala prioritas kerjasama dengan negara ASEAN yakni Pengembangan Ekonomi Maritim dan Ketahanan pangan.

Hal itu di ungkapkan di acara Konferensi Pers di Hotel Sheraton Makassar, di dampingi oleh Menteri di Jabatan Perdana Malaysia Datuk Abdul Rahmad Dahlan, Ketua Otoritas Pengembangan Mindanao Datu Abul Khayr Dangcal Aloto, Jumat (14/10/2016).

Ia berujar dalam wilayah kerja sama ASEAN terdapat beberapa kerja sama subregional, diantaranya kerja sama ekonomi subregional Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan Indonesia kesenjangan (IMT-GT). Tujuannya untuk mengurangi pembangunan antar wilayah subnasional.

“Kerjasama BIMP-EAGA dan IMT-GT diharapkan dapat memperkuat perdagangan lintas batas serta mempromosikan perdagangan, investasi dan pariwisata”, ungkap Darmin.

Pembangunan pada dua sektor tersebut, lanjut Darmin, menjadi penting mengingat wilayah yang masuk dalam sama ekonomi subregional umumnya adalah wilayah kepulauan sehingga sangat tepat apabila diangkat tema penguatan sektor maritim dalam mendukung tujuan kerjasamanya.

Sedangkan permasalahan ketahanan pangan juga menjadi perhatian semua negara di kawasan Asia Tenggara. “Isu konektivitas maritim dan ketahanan pangan merupakan kepentingan bersama negara-negara di kawasan Asia Tenggara,” ‎tambahnya. (**)

Penulis: Risman

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments