Kopi Arabika Kalosi Enrekang Diharap Mendunia

6 Oktober 2016 16:16

MAKASSAR,INIKATA.com – Sulawesi Selatan punya produk kopi yang tak kalah dengan produk kopi lainnya. Kabupaten Enrekang tepatnya di daerah Kalosi misalnya, merupakan penghasil kopi terbaik yang sudah dikenal dengan nama kopi Arabika Kalosi yang tergolong dalam jenis varietas Coffea Arabica Linn dan termaksud kopi langkah dan terbaik di dunia.

” Dengan promosi kopi Arabika Kalosi Enrekang (Asik) yang digagas Pemerintah Kab Enrekang diharapkan kopi jenis ini mampu meningkatkan produksi dalam negeri dan dikenal di dunia,” ujar Ir Asril Bagenda Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Enrekang, di Hotel Jolin, Kamis (6/10/16).

Asril menuturkan Kopi Arabika kalosi Enrekang merupakan nama produk Indikasi Geografis (IG) Indonesia untuk kopi Arabika yang berasal dari perkebunan rakyat Enrekang dengan dibuktikan diterimanya sertifikat IG dari direktorat Jendral Hak dan Kekayaan Intelektual (Haki) Kemenkuham RI pada tahun 2013 lalu.

Kata dia produksi kopi arabika kalosi tiap tahun mengalami peningkatan sebesar 10 persen tiap tahunnya. ” Berdasarkan potensi yang ada di Enrekang kami memiliki luas lahan komoditas kopi arabika seluas 12 hektare dengan produksi berupa kopi tanduk sebesar 8 ton,” ungkap Asril di Hotel Jolin, Kamis (6/10/16).

Sementara untuk ekspor kata Asril, pihak Pemerintah Kabupaten Enrekang telah mengeskspor kopi jenis ini ke negara Australia, Korea, Norwegia. ” Selain itu kita juga mencoba membidik Jerman dan Italia,” sebutnya.

Namun, lanjut Asril, meski telah diekspor ke berbagai negara, kopi arabika asal Enrekang ini masih diolah dengan skala kecil menggunakan proses tradisional. ” Untuk itu melalui kegiatan promosi ini kami berharap kopi kalosi ini dikenal di dalam maupun luar negeri, sehingga investor mudah masuk,” harapnya.

 

Penulis: Risman

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments