OJK Sulsel Berharap PT Jamkrida Sulsel Dorong Akses Keuangan di Sektor Pertanian

3 Oktober 2016 20:41

MAKASSAR, INIKATA.com – Otoritas Jasa Keuangan Sulsel berharap kehadiran PT Jamkrida Sulsel bisa membantu mendorong akses keuangan, khususnya di sektor pertanian. Hal ini diungkapkan Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan dan Perizinan OJK, Ahmad Murad ketika memghadiri peresmian PT Jamkrida Sulsel hari ini.

“Utamanya diperlukan di sektor pertanian yang menjadi sektor dominan terhadap perekonomian daerah namun belum signifikan memperoleh akses kredit perbankan. Ini menjadi tantangan PT Jamkrida Sulsel untuk memfasilitasinya. Utamanya yang tidak dapat menyediakan agunan fisik,” jelas Ahmad, Senin (3/10/2016).

Ahmad juga menambahkan dengan PT Jamkrida Sulsel yang melengkapi kehadiran PT Jamkrindo dan PT Askrindo yang hadir lebih dahulu diharapkan dapat membuka akses layanan kredit perbankan yang lebih luas bagi pelaku usaha UMKM di Sulsel, yang menjadi penopang utama perekonomian Sulsel.

“Kendala pelaku UMKM yang selama ini dikeluhkan karena ketidakmampuan menyediakan agunan akan memperoleh dukungan pnjaminan yang dapat memitigasi resiko kredit dan meningkatkan fungsi intermediasi perbankan terutama kepada pelaku UMKM,” terang Ahmad.

Sulsel memang memiliki potensi besar, sesuai dengan statistik OJK. Penyaluran kredit perbankan kepada UMKM di Sulsel hingga akhir Juni 2016 mencapai Rp32,15 triliun dengan pangsa sebesar 31,64% dari total penyaluran kredit perbankan di Sulsel. Dan ini berpotensi untuk meningkat seiring masih tingginya permintaan kredit UMKM di Sulawesi Selatan yang tercatat tumbuh 13,61% pada posisi Juni 2016.

“Tingginya permintaan kredit UMKM tersebut juga dapat diartikan sebagai potensi pasar yg besar bagi keberadaan lembaga penjamin kredit di sulsel. Dengan tingkat akses keuangan di Sulsel yang baru mencapai 47,51% sesuai survei OJK tahun 2013, keberadaan lembaga penjamin kredit daerah adalah salah satu upaya mendorong percepatan akses keuangan daerah di Sulsel,” tutur Ahmad. (**)

Penulis: Arga

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments