PT Jamkrida Sulsel Berdiri, Siap Bantu Ekonomi Sulsel Salurkan Kredit Rakyat

3 Oktober 2016 20:38

MAKASSAR, INIKATA.com – Kantor PT Jamkrida Sulsel diresmikan hari ini, tepatnya di Kompleks Latimojong Square, jl. Niko, Makassar. Dalam laporannya, Direktur Utama  PT Jamkrida Sulsel Mulyan Pulubuhu, mengungkapkan bahwa Jamkrida Sulsel adalah Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) yang pertama di Sulawesi. “Perusahaan ini telah memperoleh izin usaha sebagai perusahaan penjaminan, tepatnya tanggal 9 Agustus 2016 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisioner otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujar Mulyan, Senin (3/10/2016).

Acara ini turut dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ketua DPRD Sulsel Moh. Roem, Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Braman Setyo, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan dan Perizinan OJK Ahmad Murad, Perwakilan SKPD Sulsel, Pimpinan perbankan di Sulsel, perwakilan TNI-Polri serta direksi dan staff PT Jamkrida Sulsel dan Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Mulyan memaparkan bahwa Jamkrida Sulsel salah satu lembaga yang memiliki kemampuan mengeluarkan sertifikat Penjaminan Kredit kepada Bank yang menjadi mitra, guna menjamin kredit produktif dan konsumtif yang diberikan kepada UMKM/Koperasi dan individu. Selain itu Jamkrida Sulsel juga telah memperoleh izin untuk menerbitkan surety bond. “Artinya kami dapat menerbitkan Jaminan, baik dalam bentuk jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka serta jaminan pemeliharaan,” terangnya.

Modal PT Jamkrida Sulsel saat ini adalah sebesar Rp. 25,35 milyar yang terdiri dari saham Pemprov Sulsel sebesar Rp. 25,3 Milyar (99,98 persen) dan Rp 50 Juta (0,2 persen) saham Koperasi Pegawai (KPRI) Toddopuli Provinsi Sulawesi Selatan. “Berdasarkan jumlah modal tersebut, gearing ratio atau nilai penjaminan yang dapat diterbitkan adalah sebesar 40 x lipat atau senilai Rp. 1 Triliun 14 Milyar. Kapasitas penjaminan kami tersebut hanya dapat diwujudkan dengan dukungan share holder, stake holder, dan mitra utama kami Bank Sulselbar,” jelas Mulyan.

Dengan kapasitas penjaminan senilai Rp. 1 Triliun 14 Milyar Jamkrida Sulsel berharap dapat membantu merealisasi program-program utama Bapak Gubernur. “Terutama dlam rangka memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menambah tingkat kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan,” ucap Mulyan.

SYL sendiri menekankan kepada para komisaris PT Jamkrida Sulsel agar tidak melakukan langkah-langkah yang memberi kerugian baik bagi Sulsel maupun masyarakatnya. Hal ini mengingat Pemprov menjadi penjamin terbesar perusahaan kredit ini. “Intinya hari ini misinya kita bukan sekedar mau bagi-bagi uang, tapi bagaimana agar ekonomi bisa berputar. Kuncinya jangan korupsi, jangan sogok, profesionalisme jalan.” tambah SYL.

Oleh karena itu ia meminta para tamu, khususnya perwakilan dari sektor keuangan dan perbankan untuk turut membantu gerak Jamkrida. “Ini kan baru, masih banyak kurangnya, perbankan tolong bantuannya. Tapi Jamkrida jangan manja juga. Jangan belum apa, sudah minta duluan,” tegas SYL menutup.

Penulis: Arga

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments