Tari Lenggang Nyai Sambut 236 Wartawan Daerah

2 Oktober 2016 21:00

JAKARTA,INIKATA.com – Kerocong betawi menyambut 236 wartawan ekonomi dari 22 kota, wilayah pulau Jawa, Sulawesi dan Bali di Ruang Chandra, Gedung Kebon Sirih, Bank Indonesia, Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Minggu (2/10/16).

Tetamu dipertunjukan tari Lenggang Nyai salah satu kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah.

Tarian ini merupakan tarian kreasi baru yang di ambil dari sebuah cerita rakyat, sehingga banyak pesan dan makna yang di gambarkan melalui tarian ini.

Menurut sejarahnya, Tari Lenggang Nyai ini diciptakan oleh seorang seniaman tari dari Yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti.

Karena kecintaannya pada kesenian tari di Indonesia dan kebudayaan Betawi membuat seniman ini menciptakan sebuah kreasi tarian baru berlatar belakang cerita rakyat Betawi yaitu cerita Nyai Dasimah. Nama Tari Lenggang Nyai sendiri berasal dari kata “lenggang” yang berarti “melengak – lengok” dan kata “nyai” yang di ambil dari cerita Nyai Dasimah.

Sembari menikmati sajian makan malam, para awak media yang hadir mengenakan baju batik di hari Batik Nasional ini jugz menikmati tembang lagu lagu rakyat dalam alunan musik gambang kromo yang mengalun indah.

Tirta Segara, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia pusat, mengungkapkan tujuan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman jurnalis khususnya literasi peran dan fungsi BI.

“Pelatihan melibatkan seluruh wartawan daerah di provinsi Tanah Air.Selain sebagai bekal literasi, pelatihan jurnalis ini untuk mengetahui perkembangan perekonomian terkini. Sehingga, para jurnalis dapat lebih mudah memahami dinamika perekonomian Indonesia di tengah turbulensi perekomian secara global,” ujar Tirta.

” Ini juga sebagai strategi BI ke depan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi terutama di daerah,” ujar Deputi Direktur Divisi relasi media Andi Wiyana mendahului memberi sambutan.

Penulis: Fakra

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments