Potensi Rugikan Negara Rp19 Miliar, Bea Cukai Sulawesi Musnahkan Barang Ilegal Ini

29 September 2016 18:58

MAKASSAR, INIKATA.com — Petugas Kanwil Bea dan Cukai Sulawesi, Dirjen Bea dan Cukai, bersama Kementerian Keuangan RI telah memusnahkan hasil penindakan barang ilegal termasuk pakaian bekas ilegal (cakar), rokok ilegal, miras ilegal, dan barang pembatasan lainnya seperti Soft Gun, Anak panah, Sextoys, dengan potensi kerugian negara mencapai Rp19,39 miliar.

Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo mengatakan jumlah total barang ilegal yamg dimusnahkan yaitu sebesar Rp 38,39 miliar dengan potensi kerugian mencapai Rp 19,39 miliar.

“Adapun jenis barang yang dimusnahkan yaitu Rokok Ilegal sebanyak 33,29 juta batang, dengan nilai Rp19,64 Miliar, pakaian bekas sebanyak 3.139 ball dengan nilai Rp7,37 Miliar, Barang larangan pembatasan sebanyak 38 paket dengan nilai Rp15 juta dan Miras sebanyak 51.279 botol dengan nilai Rp11,7 Miliar,” sebutnya, Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, pemusnahan barang ilegal itu sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Ditjen Perdagangan Luar Negeri (DAGLU) Kementerian Perdagangan, POLRI dan TNI yang telah melakukan penegakan hukum terhadap masuk dan keluarnya barang dari Indonesia yang tidak sesuai ketentuan hukum dan penegakan hukum terhadap peredaran barang kena cukai ilegal.

“Menindaklanjuti Instruksi Presiden tersebut, Direktur Jenderal Bea dan cukai telah menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh Kantor Wilayah Bea dan cukai untuk meningkatkan optimalisasi pengawasan di bidang Kepabeanan dan Cukai,” ujarnya.

Mardiasmo menuturkan, semua temuan barang ilegal tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dan digilas dengan alat berat.”Pemusnahan dilaksanakan dengan cara digilas alat berat untuk minuman keras dan
pembakaran untuk rokok, pakaian bekas dan barang laras lainnya,” cetusnya. (**)

Penulis: Risman

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments