BI Prediksi Ekonomi Sulsel Triwulan I 2017 Tumbuh Melambat

7 April 2017 15:32
Ilustrasi (foto: int)

MAKASSAR,INIKATA.com – Bank Indonesia mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) tetap sebesar 4,75 persen dengan suku bunga facility tetap sebesar 4,00 persen yang berlaku efektif sejak 17 Maret 2017.

Demikian bunyi laporan bulanan yang disampaikan Kepala BI Sulsel Wiwiek Sisto Widayat kepada wartawan di kantor BI Sulsel, Jl Jenderal Sudirman, Makassar baru-baru ini.

“Keputusan tersebut konsisten dengan upaya Indonesia menjaga kestabilan makroekonomi dan sistem keuangan di tengah semakin meningkatnya ketidapastian global,” ungkap Wiwiek.

Kehati-hatian tersebut berbarengan dengan pembacaan situasi BI Sulsel atas situasi ekonomi Sulsel kedepan, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan pertama 2017 akan berjalan melambat.

Menurut Wiwiek, jika dibandingkan triwulan empat pada 2016, prediksi BI untuk pertumbuhan ekonomi di triwulan pertama 2017 turun menjadi 7,3 persen.

“Pada triwulan empat 2016 lalu, pertumbuhan ekonomi berada di angka 7,6 persen dan di triwulan pertama 2017 ini, kami memprediksi di kisaran 7,3 persen,” ujarnya.

Wiwiek menambahkan, meski pertumbuhan ekonomi Sulsel tumbuh melambat di triwulan pertama, tetapi pihaknya mengaku tetap optimistis pada triwulan selanjutnya pertumbuhan ekonomi Sulsel dapat kembali membaik.

Adapun pertumbuhan ekonomi Sulsel di triwulan pertama 2017, kata Wiwiek, masih tetap ditopang pada konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah.

Berdasarkan hasil survei konsumen yang dilakukan BI Sulsel pada Februari 2017, tingkat keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian Sulsel masih berada di level optimistis.

“Meski sedikit menurun, tetapi keyakinan konsumen masih tetap menunggu. Hal itu bisa terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada pada level 122,5. Jika dibandingkan bulan sebelumnya yaitu berada di level123,42,” kuncinya.(*)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments