Makassar Target Ekspor Ikan Segar ke Negara Eropa

16 Maret 2017 19:37
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto melepas pengiriman perdana produksi ikan beku KUB (Kelompok Usaha Bersama) Mandiri binaan Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) Makassar, di Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kamis, (16/3/2017)

MAKASSAR, INIKATA.com – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melepas pengiriman perdana produksi ikan beku KUB (Kelompok Usaha Bersama) Mandiri binaan Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) Makassar, di Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kamis, (16/3/2017)

DP Ekspor Ikan2Sebanyak 20 ton ikan segar hasil tangkapan nelayan Makassar binaan DPP Makassar dikemas dalam kontainer setelah melewati proses pembekuan. Saat ini, DPP Makassar memiliki dua sarana pembekuan di Paotere dan Untia.

DP Ekspor Ikan 3Selain menyasar pasar dalam negeri, DPP Makassar juga menargetkan menembus pasar ekspor ikan segar utamanya ke negara – negara Eropa. Apalagi, Wali Kota Makassar tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Cape Town di sektor perikanan.

“Makassar kaya akan potensi perikanan yang harus dikelola dan dikembangkan secara maksimal. Hasilnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga khususnya nelayan. Apa lagi jika kita berhasil mengekspornya bukan hanya dalam bentuk ikan segar namun ikan olahan. Nilai ekonominya akan semakin tinggi,” kata Danny.

Potensi hasil tangkapan Makassar sebesar 18.000 ton sementara produksi perikanan lautnya mencapai 12.731 ton dengan nilai produksi Rp 445.949.000.000. Jumlah nelayan Makassar sebanyak 11.497 orang dengan alat tangkap sejumlah 4.934 unit.(**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments