BURUAN!! di Sulsel Ada 100 Ribu Unit Rumah Murah dari Kementerian

13 Januari 2017 13:36
ilustrasi.

MAKASSAR, INIKATA.com – Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sekarang ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan realisasi Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) di 2017 untuk 550 ribu unit rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) secara nasional. Di Provinsi Sulsel sendiri mendapatkan jatah 100 ribu unit rumah.

Owner PT Graha Nusantara Lestari, Ambo Ala, salah satu pengembang bergerak sektor rumah murah saat dihubungi Upeks membenarkan bahwa Sulsel mendapatkan jatah 100 ribu unit MBR. Namun, lanjutnya, target tersebut diprediksi sulit terealisasi 100%.

Pasalnya, sektor properti masih banyak kendala yang dihadapi pengembang di daerah diantaranya, biaya operasional pengembang tidak sebanding dengan keuntungan atau margin yang diperoleh. Akibatnya, pengembang terkadang berpikir untuk mewujudkan pembangunan MBR. Belum lagi kondisi ekonomi makro kurang mendukung.

“Kita bersyukur adanya kenaikan subsidi dari Rp1,2 triliun menjadi Rp2,2 triliun secara nasional. Sebagai pengembang saya kira kebijakan tersebut membantu pengembang menyediakan rumah layak huni kepada masyarakat menengah bawah,” kata Ambo Ala, dilansir Upeks.

Kebijakan yang dikeluarkan awal tahun ini juga akan mempermudah atau merangsang konsumen memiliki rumah. Itu berarti akan meningkatkan daya beli masyarakat yang lagi seret di 2016. “Dengan kebijakan tersebut masyarakat akan lebih mudah memiliki rumah layak huni,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjutnya, program tersebut akan terkendala melihat kondisi perekonomian secara makro yang belum menentu. Bahkan, bisa diprediksi masih suram ketimbang tahun-tahun sebelumnya. “Olehnya itu, kami berharap pemerintah daerah memberi kemudahan dalam hal pengurusan biaya administrasi,” katanya. (**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments