Mau Tahu Biaya Pajak Kendaraan, Cek di Sini!!

13 Januari 2017 11:32
ilustrasi. (foto: Inikata.com)

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulawesi Selatan membuka layanan baru untuk memudahkan pembayaran pajak pemilik kendaraan bermotor. Layanan bernama SMS Info memberi informasi nominal pajak yang harus dibayar.

Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Sulsel, Malik Faisal mengatakan, layanan terbaru ini membantu pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui dana yang harus disiapkan sebelum ke kantor Samsat atau fasilitas pelayanan lainnya.

Selain itu, pemilik kendaraan bermotor juga dapat menghilangkan keraguan pungutan di luar pajak resmi. Nominal yang harus dibayar di kantor pelayanan pajak kendaraan sesuai yang tertera pada layanan pesan singkat yang diperoleh. Layanan SMS Info ini juga memangkas praktik percaloan dan pungutan liar.

Cara kerja layanan SMS Info ini cukup sederhana. Pengecekan jumlah pajak kendaraan cukup dengan mengirimkan SMS ke nomor 9779. Caranya, ketik Sulsel (spasi) nomor polisi 1(spasi) nomor polisi 2(spasi)nomor polisi 3 (spasi) wilayah.

“Misalnya pengecekan pajak kendaraan yang berada di wilayah Makassar; Sulsel DD 4567 F Makassar. Nanti akan diterima SMS balasan jumlah pajak yang harus dibayar,” kata Malik.

Malik mengatakan, layanan ini hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang belum jatuh tempo. Pembayaran dapat dilakukan di kantor Samsat atau layanan online cepat di Drive Thru.

Pusat pelayanan pajak juga tidak dapat memproses kendaraan yang diblokir, seperti pada kasus pencurian sepeda motor atau mobil. Asal telah dilaporkan ke pihak kepolisian, pembayaran pajak kendaraan langsung diblokir. (**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments