Pangkep Ditunjuk Sentra Pengembangan Garam Nasional

11 Januari 2017 18:20
Ilustrasi Tambak Garam (foto:int)

PANGKEP,INIKATA,com – Pemerintah pusat menunjuk Kabupaten Pangkep sebagai sentra pengembangan garam nasional tahun 2017.

Ditunjuknya Pangkep sebagai pusat produksi dan distribusi garam secara nasional tersebut tidak lepas dari peran pemerintah kabupaten dalam hal ini terkusus Dinas Perikanan yang terus menggenjot dan mendukung upaya para petani garam di Kabupaten Pangkep.

Kabid Pengelolaan Budi Daya Ikan, Andi Farida yang ditemui disela-sela Sosialisasi Pajak UKM di Rujab Bupati mengatakan, Pangkep jadi perhatian pemerintah pusat, lantaran teknik produksi garam oleh petani Pangkep beda dengan petani di daerah lain.

Farida menyebutkan, petani garam Pangkep sejak 2 tahun terakhir menggunakan teknologi geo isolator untuk memproduksi garam, yakni tekhnik dengan memanfaatkan terpal plastik untuk melapisi meja kristalisasi tanah pada proses pembuatan garam.

” Jadi Pangkep Tahun ini, ditunjuk sebagai daerah sentra pengembangan garam nasional, karena petani pangkep menguasai teknik produksi garam dengan geo isolator,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kualitas garam di Pangkep juga berada di peringkat teratas karena memiliki kandungan NaCl mencapai 96 persen,” Setelah diteliti, garam Pangkep itu putih dengan kandungan NaCl 96 persen, sangat cocok untuk garam industri,” tambah Farida.

Untuk mendukung pengembangan garam nasional, saat ini Pangkep memiliki gudang penampungan garam berkapasitas 30 000 ton, yang terletak di dermaga Maccini Baji, Kecamatan Labakkang. Selain itu untuk 2017 Dinas Perikanan Pangkep akan mendapat bantuan pembangunan laboratorium penelitian garam dari pemerintah pusat.

Saat ini Pangkep punya 1218 petani garam yang tersebar dari 79 kelompok tani, yang saat ini telah mengelola 311 hektar dari 855 hektar lahan garam yang ada, dengan jumlah produksi tahun 2015 mencapai 34.000 Ton.

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments