Ini Perbedaan Uang Baru NKRI dan Lama Keluaran BI…

19 Desember 2016 8:42
Wajah uang NKRI diisi 12 tokoh pahlawan dalam setiap pecahannya

JENEPONTO,INIKATA.com – Bank Indonesia (BI) kembali meluncurkan secara resmi uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) emisi 2016, Senin (19/12/2016).

Pecahan terbaru tersebut disempurnakan dengan fitur baru, fitur yang dimaksud adalah peningkatan unsur keamanan. Selain itu, pecahan emisi disempurnakan dengan fitur kode bagi tunanetra. Hal itu dilakukan untuk membantu membedakan antar pecahan secara mudah.

” Bank Indonesia sudah melakukan uji coba pada saat mendesain uang baru,” kata Kepala BI Sulawesi Selatan, Wiwiek  Widayat Sisto, Senin (19/12/16).

Wiwiek menambahkan, blind code atau kode tunanetra pada rupiah baru akan berubah. Perubahan desain berupa efek rabaan (tactile effect). Hal itu dilakukan untuk membantu membedakan antara pecahan lebih mudah.

” Sekitar 10 orang yang menguji tactile effect-nya. Mereka bisa dengan cepat membedakan uang baru dan lama serta nominalnya,” jelas dia.

Fitur yang dibuat langsung BI tersebut demi mempermudah identifikasi dan meningkatkan aksesibilitas uang rupiah bagi penyandang tuna netra.

Lanjut orang nomor satu di BI Sulsel ini, menjelaskan, blind code tersebut telah menjadi hak penyandang disabilitas, sesuai dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2011.

Selain fitur blind code, rupiah baru juga akan mengalami peningkatan keamanan.Diantaranya melalui penguatan unsur pengaman seperti cetakan kasar jika diraba, gambar tersembunyi, gambar saling isi atau rectoverso, ada benang pengaman, mikroteks dan anticopy.

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments