PJI Siap Support Pengembangan Kopi Kalosi Enrekang

13 Desember 2016 18:48
Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Imam Prihadiyoko bersama Ketua PJI Sulsel Abdullah Rattingan melakukan silaturahmi dengan Bupati Enrekang H Muslimin Bando di Rumah Jabatan Bupati Enrekang

ENREKANG, INIKATA.com – Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Imam Prihadiyoko bersama Ketua PJI Sulsel Abdullah Rattingan melakukan silaturahmi dengan Bupati Enrekang H Muslimin Bando di Rumah Jabatan Bupati Enrekang, Selasa (13/12/2016).‎

Pada pertemuan ini berkembang pembicaraan kesiapan PJI men-support pengembangan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) dan agro yang ada di Enrekang.

“Subhanallah, saya melihat kekayaan alam Enrekang yang luar biasa. Namun, sayangnya belum terkelola dan terpromosi dengan baik, sehingga belum memberikan keuntungan kepada daerah dan masyarakat,” jelasnya.

Imam didampingi Ketua PJI Sulsel Abdullah Rattingan, mengatakan, salah satu yang menarik untuk dikembangkan adalah Kopi Kalosi.

“Saya mendapatkan banyak referensi tentang Kopi Kalosi yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Ini sangat potensial untuk dikembangkan,” jelasnya.

“Kopi Kalosi harus dipacking dengan bagus lalu dipromosikan secara nasional dan internasional. Insya Allah, kita di PJI siap mediasi promosinya melalui pemberitaan, iklan produk hingga pameran dengan jaringan yang kita miliki sampai tingkat nasional,” tambah jurnalis senior ini.

Hal ini mendapatkan respon positif dari Bupati Enrekang, H Muslimin Bando.
Menurutnya, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang saat ini gencar mencari formula pengelolaan dan pengembangan Kopi Kalosi.

“Produsen kopi terbaik dan terbesar di Sulsel itu di Enrekang utama di tanah Doery, tetapi selama ini orang kenal Kopi Toraja. Padahal, Kopi Toraja itu disuplai dari Kalosi. Yang membedakan di Toraja memiliki sedikit perkebunan khusus, kalau kita belum ada dan masih diproduksi para petani,”katanya.

“Pengembangan kopi di Enrekang terus dilakukan. Saat ini hasil pengembangannya selain Kopi Kalosi, ada juga Kopi Benteng Alla, Kopi Latimojong, Kopi Bungin, Kopi Potok Ullin, Kopi Masalle, dan lainnya. Semuanya itu kopi asal Enrekang. Potensi sangat besar dan kita sangat bersyukur adami dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari rekan-rekan PJI,” jelasnya. (**)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments