Tahun Depan, DBH Cukai Rokok Sulsel Naik Rp100 Miliar

30 November 2016 9:55

MAKASSAR – Tahun 2017 mendatang, Dana Bagi Hasil (DBH) cukai rokok Sulsel naik sekitar Rp100 miliar. Total target DBH cukai rokok tahun depan mencapai Rp540 miliar, sementara tahun ini jumlah target pajak rokok di perubahan mencapai Rp450 miliar.

Kepala Bidang Perencanaan Pendapatan Daerah, Dispenda Sulsel, Darmayani Mansyur menjelaskan, dari total target itu saat ini realisasinya sudah sekitar 70 persen, atau sekitar Rp315 miliar.

“Sampai sekarang realisasinya sudah 70 persen, tetapi kan kami masih menunggu satu kali pencairan lagi,” jelas Darmayani, Selasa (29/11).

Khusus untuk pelaporan pemanfaatan DBH cukai rokok dari kabupaten/kota, ia mengakui jika ada beberapa yang biasa terlambat, tetapi pihaknya tetap melakukan bimbingan agar pelaporannya dipercepat.

“Kita guidance mereka. Jadi kami punya grup (WhatsApp) yang berisi semua kepala BPKD dan Kepala Dispenda kabupaten/kota. Jadi kalau ada keterlambatan, teman-teman mendorong percepatannya lewat grup itu. Karena DBH itu pembagiannya kan kolektif,” ujar dia.

Soal sasaran pemanfaatan DBH cukai rokok, ia juga mengakui bahwa sejak adanya kebijakan pembagian DBH rokok, Dispenda Sulsel sudah melakukan bimbingan kepada daerah penerima.

“Sehingga apapun yang diprogramkan dari DBH rokok itu mereka konsultasikan. Makanya, pemanfaatannya tidak ada masalah,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latief mengatakan, realisasi DBH cukai rokok belum semuanya terealisasi karena pencairan triwulan terakhir belum diterima.

50 persen penggunaan DBH cukai rokok, kata dia, memang wajib dialokasikan untuk kesehatan dan hukum. Sedangkan 50 persen sisanya, diserahkan kewenangannya kepada kabupaten/kota.

“Jadi itu yang saya ingatkan kabupaten kota, jangan sampai semua anggarannya nanti ada keinginan untuk infrastruktur. Itu bukan tempatnya, ini 50 persen harus untuk kesehatan dan hukum,” ujarnya. (Radar Sulsel)

Miliki Segera Hunian Asri dilokasi Strategis, Griya Rindu Alam

Comments